One Click to Join My Facebook!

Minggu, 08 Desember 2013

Nelson Mandela Meninggal Dunia

Tokoh anti apartheid Afrika Selatan Nelson Mandela menghembuskan nafasnya yang terakhir pada Kamis malam, 5 Desember 2013. Kondisi Mandela sebelumnya sempat kritis setelah beberapa kali keluar masuk rumah sakit.
Penyebab Nelson Mandela meninggal dunia adalah karena infeksi paru-paru. Nelson Mandela menjalani perawatan selama tiga bulan belakangan namun akhirnya tutup usia menghembuskan nafas terakhirnya. Banyak yang mencari info tentang when did Nelson Mandela died, Nelson Mandela date death, when was Nelson Mandela died, Nelson Mandela death photos, dan lainnya. Dalam pernyataan yang disiarkan oleh stasiun TV nasional Afrika Selatan, Presiden Jacob Zuma mengatakan Nelson Mandela 'pergi dengan damai'.
Mantan Presiden kulit hitam Pertama Afrika Selatan ini merupakan sosok Pemimpin yang di segani dunia, perjuanganya untuk memperjuangkan kulit Hitam di Negaranya membuat ia selama 27 tahun harus mendekam di Penjara.
Nelson Mandela Meninggal Dunia

Namun karena usaha gigihnya dalam memperjuangkan kaumnya ia berhasil menghapus perbedaan di negaranya dan ia pun berhasil menjadi pemimpin di Afrika Selatan pada pemilu tahun 1994. Kini sosok orang yang penuh perjuangan dan tanpa menyerah demi mendapatkan kebenaran sudah tiada namun jasa jasa Nelson Mandela tidak akan pernah dilupakan oleh Bangsa Afrika Selatan bahkan Dunia.
Prosesi pemakaman Mandela akan dilangsungkan secara kenegaraan. Afsel pun mengungkapkan bela sungkawa dengan memasang bendera setengah tiang.
Sejak Juni lalu, saat Mandela dilarikan ke rumah sakit Pretoria, Zuma telah meminta meminta agar rakyat Afsel merelakannya yang saat itu dalam kondisi payah.
Saat itu, seluruh keluarga terdekat telah berkumpul dan kerap menjenguk Mandela. Dari mulai mantan isteri Mandela, Winnie Madikizela-Mandela, cucu, dan isteri Mandela saat ini, Graca Machel sudah berada di RS.
Bahkan puteri tertua Mandela yang kini menjabat sebagai Duta Besar Afsel untuk Argentina, Zenani Mandela-Dlamini, tiba di Johannesburg agar bisa menjenguk ayahnya.
Mantan Presiden yang memimpin Afsel periode 1994-1999 diketahui menderita sakit paru-paru saat menjadi napi politik selama 27 tahun di Pulau Robben pada rezim apartheid.

Nelson Mandela Meninggal Dunia

Sebelumnya Desember lalu, Mandela dirawat di rumah sakit selama 18 hari. Terakhir kali dia muncul saat Afsel menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 2010 silam.
Kendati jarang tampil di hadapan publik, namun itu tidak mengurangi popularitas sosok Mandela. Sebagai bukti, tahun lalu Afsel meluncurkan uang kertas baru mereka yang bergambarkan Mandela tengah tersenyum.
Setelah dia tak lagi menjabat sebagai Presiden, Mandela telah menjadi mediator bagi beragam konflik dari Benua Afrika hingga kawasan Timur Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar